Laporan Akhir 3




1.  Hardware [Kembali]




2.      Rangkaian Simulasi [Kembali]





3.      Flowchart[Kembali]

4.  Listing Program[Kembali]

#include <liquidcrystal.h> //Deklarasi library LCD
#include <keypad.h>          //Deklarasi library keypad


const byte ROWS = 4;         //Deklarasi jumlah baris
const byte COLS = 4;           //Deklarasi jumlah kolom
char keys[ROWS][COLS] = {
  {'1', '2', '3', 'a'},
  {'4', '5', '6', 'b'},                         //Inisialisasi keypad matriks 4x3
  {'7', '8', '9', 'c'},
  {'*', '0', '#', 'd'}
};

byte rowPins[ROWS] = {9, 8, 7, 6}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11, 10};   //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom

// Inisialisasi library dengan pin yang digunakan
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );

void setup() {                                  //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali
  // Set baris dan kolom LCD
  lcd.begin(20, 4);
  lcd.setCursor(1, 2);
  lcd.setCursor(4, 3);
  lcd.setCursor(0, 0);
}

void loop() {                                  //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang
  char key = keypad.getKey();       //Membaca keypad

  if (key) {                                     //Kondisi pilihan jika keypad ditekan
    lcd.print(key);                           //Menampilkan input dari keypad pada LCD
  }
}

    5. Video Simulasi [Kembali]


    Analisis

    Pada saat percobaan keypad dan LCD, LCD tidak menampilkan hasil output sesuai dengan program yang dibuat. Hal ini disebabkan karena kurang teliti saat membuat rangkaian, sehingga terdapat kaki data pada LCD tidak aktif dan membuat LCD tidak menampilkan hasil output sesuai dengan rangkaian, dan juga terdapat beberapa tombol pada keypad yang tidak aktif.

    6. Kondisi [Kembali]

        Menampilkan karakter pada LCD sesuai dengan keypad yang ditekan 

    7. Link Download [Kembali]


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar